Manfaat Meta Data Dukung Terwujudnya Sistem Statistik Nasional

Selasa, 23 Agu 2022 | 20:00:35 WIB - Oleh Administrator


Dalam mengambil keputusan, pemerintah harus terus merujuk kepada Data, serta kepada ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru seperti yang disampaikan Presiden RI, Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, 16 Agustus 2019.

Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia menyebutkan bahwa setiap penyelenggaraan statistik harus disertai dengan informasi dalam bentuk struktur dan format yang baku untuk menggambarkan penyelenggaraan statistik. Informasi tersebut dituangkan dalam bentuk metadata.

Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati menyelenggarakan FGD Sosialisasi Data Kabupaten Pati Dalam Angka Dan Penyusunan Metadata  untuk Dinas/OPD, yang diikuti 20 Perangkat Daerah selaku produsen data.

Menurut Kepala  BPS Kabupaten Pati, Anang Sarwoto, “ manfaat metadata dapat menghindari duplikasi dalam penyelenggaraan kegiatan pengumpulan data, mendukung terwujudnya Sistem Statistik Nasional (SSN) yang andal, efektif dan efisien, memperoleh data yang secara teknis dapat dipertanggungjawabkan, serta dapat mencegah kesalahan dalam penyampaian data.”

Ditambahkan oleh Anang, Metadata adalah informasi dalam bentuk struktur dan format yang baku untuk menggambarkan Data, menjelaskan Data, serta memudahkan pencarian, penggunaan, dan pengelolaan informasi Data.

 Seperti diketahui metadata terdiri dari 3 jenis , Metadata Statistik - Kegiatan (Form MS-Keg) merupakan sekumpulan atribut informasi yang memberikan gambaran/ dokumentasi dari penyelenggaraan kegiatan statistik , Metadata Statistik - indikator (Form MS-Ind) merupakan suatu metadata yang dikumpulkan dalam kaitannya dengan informasi yang melekat pada indikator yang dihasilkan dari suatu kegiatan statistik dan Metadata Statistik - variabel (Form MS-Var) merupakan suatu metadata yang memberikan penjelasan mengenai variabel yang dikumpulkan suatu kegiatan statistik. Secara sederhana, metadata variable adalah informasi dari variabel.