LIMA WTP MOTIVASI PEMKAB PATI TINGKATKAN SISTIM PENGENDALIAN INTERN

Selasa, 23 Jun 2020 | 17:56:52 WIB - Oleh Administrator


Bupati Berikan Pendapat Akhir terhadap Raperda tentang Pertanggung-jawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2019.

Rapat Paripurna tentang Persetujuan bersama antara Bupati dan DPRD terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Pati tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2019 berlangsung di ruang Paripurna Gedung DPRD Pati, Senin (22/6).

Bupati Pati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan pimpinan serta anggota DPRD Kabupaten Pati hadir di ruangan paripurna. Sementara itu para Kepala OPD, Camat dan Kepala Bagian mengikuti rapat paripurna secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Terkait saran dan masukan terhadap peningkatan realisasi pendapatan pemerintah Kabupaten Pati di tengah wabah Covid- 19, bupati mengungkapkan terus berupaya secara konkret dalam memproyeksikan target pendapatan daerah. Sedangkan atas pencapaian kinerja kegiatan pada Organisasi Perangkat Daerah terkait dengan realisasi anggaran belanja daerah yang dibawah anggaran yang ditetapkan dalam APBD.

Bupati mengatakan pada tahun-tahun mendatang Pemerintah Kabupaten Pati melalui pengguna anggaran akan terus melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka percepatan penyerapan anggaran yang telah ditetapkan dalam APBD.

Diantaranya dengan lebih meningkatkan lagi kualitas perencanaan penganggaran masing-masing organisasi perangkat daerah. Hal ini dilakukan agar anggaran yang telah ditetapkan dapat diserap oleh organisasi perangkat daerah sesuai program dan kegiatan yang telah direncanakan. Serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program kegiatan pada tahun berjalan secara periodik.

Sementara itu terkait Saran dan masukan DPRD terhadap Sarana dan Prasarana Pembangunan yang belum dianggarkan, bupati menjelaskan akan menganggarkan dalam APBD.

Pada kesempatan tersebut juga diungkapkan, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK-RI Perwakilan Jawa Tengah atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2019.

Kabupaten Pati berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kelima kalinya, menjadi motivasi bagi bupati beserta jajarannya untuk mempertahankan opini dengan cara meningkatkan Sistem Pengendalian Intern dan Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam Pengelolaan Keuangan Daerah.

"Sedangkan atas hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Pati sudah mengambil langkah-langkah untuk menindaklanjuti sesuai peraturan ", pungkas Bupati.