Laboraturium Puskesmas dan Labkesda Diharapkan Berikan Layanan Cepat Kepada Masyarakat

Rabu, 24 Mei 2023 | 12:37:28 WIB - Oleh Administrator


Dinas Kesehatan Kabupaten Pati menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Laboratorium Kesehatan Masyarakat dengan narasumber dari Tim Balai Laboratorium Kesehatan dan pengujian Alat Kesehatan Provinsi (PAK) Jawa Tengah pada Selasa ( 23/5/2023 ) di Aula Lantai 3 Dinkes Kabupaten Pati.

Menurut Kadinkes Pati, dr. Aviani Tritanti Venusia, MM, pembinaan dan sosialisasi dilaksanakan pada laboratorium baik di Puskesmas maupun Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Pati. Sehingga nantinya bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya perorangan secara klinis maupun non klinis.

Seperti diketahui, seluruh Puskesmas di Kabupaten Pati sudah memiliki laboratorium, namun masih terbatas pada laboratorium klinis seperti pemeriksaan darah, feses dan sebagainya, tetapi belum sampai pada laboratorium masyarakat. Dinkes Pati berkeinginan untuk memperkuat Labkesda terlebih dahulu, sehingga jika Puskesmas belum bisa menangani maka bisa dirujuk ke Labkesda Pati.

Harapannya di masa mendatang Labkesda mampu memberikan layanan yang cepat kepada masyarakat, misalnya laboratorium air, makanan, minuman, atau jika terjadi kasus seperti keracunan yang selama ini masih merujuk ke Semarang. Dan jika sudah mampu memberikan layanan tersebut, maka akan semakin cepat pula dalam penanganannya dan memberikan manfaat yang baik bagi pelayanan kesehatan laboratorium bagi masyarakat di Kabupaten Pati. (gt/ws/mr09)