KESAKSIAN DOKTER WIDI ANTONO PASIEN SEMBUH PERTAMA KABUPATEN PATI
KESAKSIAN DOKTER WIDI ANTONO PASIEN SEMBUH PERTAMA KABUPATEN PATI

Sabtu, 25 Apr 2020 | 16:15:13 WIB - Oleh Administrator


"Tetap semangat. Jangan berkecil hati. Percaya pada kebesaran Allah. Semangat untuk bisa sembuh," katanya. 
Pesan ini disampaikan dr. Widi Antono melalui video conference bersama Bupati Pati Haryanto dan Wakil Bupati Saiful Arifin (Safin).
Dokter Spesialis Bedah Umum ini, menceritakan pengalamannya ketika menjalani perawatan hingga akhirnya menjadi pasien pertama di Kabupaten Pati yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, pada jumat (24/04/20).

"Awalnya saya isolasi mandiri 14 hari kemudian sempat dirawat dua hari di RSUD Soewondo Pati lalu dirujuk ke RSUD Moewardi Solo. Dan alhamdulillah, setelah sekitar tiga minggu atau hampir satu bulan di Solo, akhirnya saya diizinkan pulang karena beberapa kali tes terakhir sudah negatif ", terang Widi Antono

Dokter Widi sempat membagikan kiatnya pada saat menjalani perawatan. 
" Bila kita selalu semangat, imunitas tubuh kita akan meningkat. Saya lebih sering mengaji, mendengar tausiah, serta menerima motivasi dari teman-teman dan keluarga ", katanya.

Ada satu cara lagi yang sempat ia lakukan dalam masa perawatan. Yakni, bahwa selama menjalani perawatan di rumah sakit, dirinya tidak membuka media sosial sama sekali. Langkah ini dia lakukan untuk menghindari berita-berita yang bisa memberi pengaruh buruk dan melemahkan kondisi psikisnya.

Saat ini meski sudah tiba kembali di Pati, Widi dokter spesialis bedah umum ini tak langsung beraktifitas seperti biasa saat sebelum sakit. Widi mengatakan tetap akan mengisolasi diri selama 14 hari di rumah. 

Widi sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan moril pada dirinya selama menjalani perawatan. Dia juga berterima kasih kepada seluruh rekan dokter dan tenaga medis. Yang menurutnya telah melayaninya dengan sangat baik sehingga dirinya dapat sembuh.
Dia juga mengaku bahwa pelayanan dan ruang isolasi, baik yang di RSUD Soewondo maupun yang di RSUD Moewardi Solo, sudah melebihi harapan. " Bagus ya, melebihi yang saya bayangkan ", ucapnya penuh syukur.

Widi diizinkan pulang setelah ia pulih dan dua kali swab test-nya dinyatakan negatif Covid-19. Ia pun berpesan kepada warga Pati, baik yang belum terjangkit virus corona maupun yang sudah positif Covid-19, untuk terus mematuhi anjuran pemerintah.

"Sebisa mungkin di rumah saja, hindari kerumunan. Gunakan masker kapan pun, di mana pun. Rajin cuci tangan, lalu jaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain. Dan yang paling penting imunitas tubuh harus dijaga ", paparnya.

Kemudian lanjut Widi, " jika ada gejala berat, yang mengarah ke Corona, ia menyarankan agar segera menghubungi call center Covid-19 Kabupaten Pati ", himbaunya.