Dinkes Selenggarakan Workshop Pendampingan Minum Obat bagi Orang dengan HIV AIDS untuk Kader

Kamis, 11 Mei 2023 | 09:05:51 WIB - Oleh Administrator


Workshop dengan tema Pendampingan Minum Obat bagi Orang dengan HIV AIDS (ODHA) untuk Kader berlangsung di New Merdeka Hotel selama 2 hari  dari 8 dan 9 Mei 2023, diikuti kader kesehatan dari 15 Puskesmas PDP (Perawatan, Dukungan dan Pengobatan) dan komunitas HIV kabupaten Pati, yaitu SSR HIV Fatayat NU, LSM Roro Mendut, LSM Arjuna, KDS Rumah Matahari, Mentari Sehat Indonesia, dan Soko Guru.

Kepala  Bidang Kesehatan Masyarakat, Etty Irianingrum S.KM, M.Kes, dalam kata pembukaannya menyampaikan ,diperlukan orang yang menjadi pendamping minum obat bagi Orang dengan HIV AIDS (ODHA) agar laju pertumbuhan virus bisa ditekan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup penderita.

Untuk itu Kader kesehatan diharapkan membantu melakukan sosialisasi di lingkungan sekitarnya untuk menghilangkan stigma terhadap ODHA. Dapat lebih mendalami HIV-AIDS sehingga mampu menyampaikan informasi yang benar kepada lingkungan sekitarnya sehingga tidak ada lagi stigma negative kepada ODHA, agar ODHA tidak lagi menutup diri yang dapat mengakibatkan ODHA tidak mendapatkan perawatan, dukungan dan pengobatan yang baik.

Workshop diisi pemaparan oleh dr. Joko Mardianto dari Ikatan Dokter Indonesia, yang menyampaikan tentang pengobatan dan monitoring ARV bagi ODHA, Analisis Situasi HIV-AIDS di Kabupaten Pati yang oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Joko Leksono Widodo, MM. , Tim dari Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular yang diwakili oleh Agus Irawan, S.Si,T, menyampaikan terkait informsi dasar HIV dan IMS yang perlu diketahui oleh kader. (gt/ws/mr09).