Desa Growong Lor Terpilih Sebagai Percontohan Desa Cantik Tahun 2022

Selasa, 07 Jun 2022 | 21:23:41 WIB - Oleh Administrator


Bertempat di Ruang Pragolo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Selasa (7/6/2022), BPS Kabupaten Pati menyelenggarakan acara Sosialisasi Sensus Penduduk Lanjutan 2020  dan Pencanangan Desa Cantik 2022

Acara tersebut dihadiri oleh para kepala OPD Kabupaten Pati, Camat se-kabupaten Pati, dan Kepala Desa Growong Lor Juwana.

Kepala BPS, Anang Sarwoto, menyampaikan misi dari BPS adalah sebagai penyedia Data Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju. BPS sebagai Pembina Statistik Sektoral akan membina dan memberikan pendampingan pada produsen data tingkat terkecil yaitu desa. Menurutnya, Diskominfo sebagai walidata sudah berjalan dengan baik.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pati, Jumani,  menyampaikan bahwa data merupakan hal yang sangat penting sebagai sumber informasi yang digunakan untuk mengambil kebijakan. Satu data merupakan cita-cita bersama yang dapat diwujudkan dari kolaborasi antar OPD dan instansi vertikal yang tergabung dalam forum satu data Kabupaten Pati. Untuk itu Bupati Pati sangat mendukung pencanangan desa cantik di Kabupaten Pati.

Ada 5 desa yang disarankan sebagai Desa Cantik, yaitu Desa Growong Lor-Juwana,Desa Kedungpancing – Juwana, Desa Sambilawang – Trangkil, Desa Gembong – Gembong, dan Desa Gabus – Gabus, dan terpilih Desa Growong Lor sebagai percontohan Desa Cantik tahun 2022.

Mengenai sensus penduduk lanjutan 2020. Dalam pelaksanaannya, BPS Kabupaten Pati bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pati.

“Pentingnya sensus penduduk lanjutan 2020  yakni guna menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk menghasilkan indikator SDGs dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) di bidang kependudukan”, terangnya.