Bupati Apresiasi Karya Peserta Krenova

Sabtu, 31 Jul 2021 | 07:05:21 WIB - Oleh Administrator


Bupati Pati Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin menyerahkan apresiasi dan penghargaan Pati Innovation Award di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (29/7/2021).

Adapun dalam ajang kreasi dan inovasi (krenova) ini diikuti oleh kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya menyampaikan, meskipun di tengah pandemi Covid - 19, tidak menghalangi untuk tetap berkarya dan beraktivitas. Namun, perlu diperhatikan bahwa sepanjang berkarya, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Bagi para juara dari kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum, agar kemampuan dalam berkarya maupun berkreativitas tersebut dapat dikembangkan lebih baik lagi. Terlebih malah diimplementasikan di tengah masyarakat", ujar Bupati.

Bupati menyebut, karya - karya yang telah dihasilkan tersebut dapat memacu dan mendorong daya saing Kabupaten Pati dengan daerah - daerah lain. Terlebih, apabila nantinya karya - karya tersebut di hak patenkan, dapat meningkatkan nilai karya tersebut.

"Apresiasi ini merupakan penghargaan atas karya - karya yang dihasilkan. Sebab, karya - karya tersebut memang hasil usaha sebenarnya dan para pemenang ini bukanlah hasil rekayasa. Semua tahapan telah dinilai oleh juri profesional", jelasnya.

Bupati Haryanto berpesan bagi para juara untuk tidak berhenti sampai di sini saja. Melainkan terus dikembangkan dan berkarya selama tidak meninggalkan protokol kesehatan.

"Lebih - lebih malah dapat menemukan salah satu hasil penelitian untuk mengurangi gejala Covid - 19 secara cepat. Tentu hal tersebut sangat bermanfaat di tengah kondisi seperti ini", pungkasnya.

Adapun untuk kategori pelajar, juara 1 dipegang oleh SMK Cordova inovasi aplikasi determination of starch in cassava, juara 2 SMAN 1 Pati inovasi boks penjaga suhu vaksin dan juara 3 adalah SMK Tunas Harapan Pati inovasi sistem paprokes berbasi IoT dan AI.

Sedangkan juara harapan 1 ialah SMK Cordova inovasi rancang bangun prototype, juara harapan 2 SMK Tunas Harapan Pati inovasi penerapan IoT untuk pemantauan suhu dan kelembaban budidaya jamur tiram dan juara harapan 3 ialah SMAN 1 Pati inovasi eco friendly spoon : sendok berbahan dasar limbah sekam padi.

Sementara untuk kategori umum, juara 1 ialah Ratna Septie Anggrahenie dan Agus Surya Setiyawan yaitu inovasi wayang bathok, juara 2 Widi Surayawati, Elyang Tatang Saputra dan Tejo Suwoto dengan Inovasi V - Jek, juara 3 Suratno dan Pramestiningsih inovasi batik ciprat sabut kelapa.

Sedangkan untuk juara harapan 1 yaitu Sriatun inovasi pakan ternak ekonomis, juara harapan 2 Nunuk Rahayuningsih inovasi pomade 'bikara lima sen, style masa kini bahan alami" dan juara harapan 3 ialah Ismi Puji Astuti inovasi minuman instan kacang tanah.