TNI DAN DISKOMINFO BERSATU CEGAH BERITA HOAX

Kamis, 26 Apr 2018 | 15:07:04 WIB - Oleh Administrator


 

 

Sebagai  wujud  ikut mengatasi  problem sosial di masyarakat dengan maraknya berita yang bersifat hoax , TNI melalui kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) Reg ke 101 dan TMMD Sengkuyung  dengan kegiatan Non Fisiknya menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati  menyelenggarakan Penyuluhan Literasi Media Membangun Masyarakat Desa Anti Hoax pada tanggal 26 April 2018 di Balai Desa Godo Kecamatan Winong yang diikuti oleh segenap lapisan Masyarakat.

Kasi Pengelolaan  Jaringan Komunikasi Publik  Dinas Komunikasi  dan Informatika Kabupaten Pati ,  R.Adi Prasasto dalam kesempatan tersebut  mengatakan bahwa hoax merupakan informasi yang direkayasa untuk menutup informasi  sebenarnya. Dengan kata lain hoax juga bisa diartikan sebagai upaya pemutarbalikan fakta menggunakan informasi yang meyakinkan tetapi tidak dapat diverifikasi kebenarannya. Hal ini diperparah dengan banyaknya anak-anak dibawah umur yang telah menggunakan gadget sebelum waktunya, biasanya menggunakan aplikasi Whatsapp ataupun facebook yang dimanfaatkan sebagai ruang untuk berbagai informasi pribadi baik berupa photo maupun video. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting karena penggunaan gadget atau smartphone secara etika pada umur 14 tahun.

Ditegaskan para pengguna media sosial  hendaknya dapat bertindak lebih bijaksana dalam penggunaan smartphone untuk tidak menimbulkan perbuatan konsekwensi hukum seperti pencemaran nama baik, penistaan, penghinaan dan sebagainya, maka perlu  melakukan tindakan 3 S (Saring  Sebelum Sharing).

Lebih lanjut dikatakan bahwa untuk mengatasi berita hoax perlu dilakukan  deteksi dini hoax yaitu dengan selalu cek alamat URL, cek situs , cek dengan media lainnya, gunakan fact chek, siapa penulis dan narasumbernya  dan bagaimana penulisannya, adapun isu hoax  yang paling banyak adalah permasalah sosial politik, SARA, dan kesehatan .Demikian halnya Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memfasilitasi antisipasi hoax dengan meluncurkan web, http://data.turnbackhoax.id. yang mulai bulan Januari 2018 telah diwujudkan melalui pembuatan Ruang Drone 9/CD9.