MEMAHAMI ESENSI PUASA, DISKOMINFO PATI ADAKAN PENGAJIAN RUTIN RAMADHAN

Jum'at, 18 Mei 2018 | 10:59:52 WIB - Oleh Administrator


Pati - Dinas Komunikasi dan Informatika Pati (Diskominfo Pati) laksanakan kegiatan pengajian rutin bulan Ramadhan, pada Jumat (18/5) bertempat di Aula Diskominfo Pati. Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Diskominfo Pati, Indriyanto, SH, M.Si, para Pejabat Struktural, dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika Pati.

Kegiatan dimulai dengan Sambutan singkat dari Kadis Kominfo Pati. Pada kesempatan tersebut Kadis Kominfo Pati mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hadir untuk dapat menjadikan bulan Suci Ramadhan ini sebagai moment peningkatan keimanan dan ketaqwaan dalam diri masing - masing.

"Alhamdulillah, saya melihat semua  ASN Muslim  Diskominfo Pati hari ini  bisa turut hadir di aula, dalam rangka mengikuti kegiatan pengajian rutin yang diselenggarakan setiap hari Jumat di bulan Ramadhan ini,"ujar Indriyanto, SH, M.Si. Diinformasikan, bahwa kegiatan pengajian ini merupakan program kegiatan rutin yang akan dilaksanakan  rutin setiap tahunnya di bulan Ramadhan pada hari Jum’at.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan ceramah oleh Ustadz  Muhammad  Luqman. Ustadz  yang sekaligus Guru SMA 1 Muhammadiyah dan Ketua Dewan Syari’ah Zakat Center Lazismu Kab. Pati. tersebut menyampaikan ceramah yang bertemakan Esensi Puasa.

Dan dijelaskannya bahwa esensi puasa, yaitu :

  1. Puasa tidak semata melaksanakan aktifitas fisik berupa menahan lapar, dahaga dan hasrat seksual belaka, serta segala perbuatan yg dpt membatalkan puasanya sejak terbitnya matahari sampai terbenamnya.
  2. Puasa mengokohkan kemampuan “mengendalikan diri” dari segala perbuatan tercela dan menunda sementara suatu kenikmatan dlm rangka mencapai tujuan yg lebih besar.
  3. Puasa yg dijalankan sekedar kegiatan fisik yg terlepas dr essensi filosofisnya, menjadi puasa yg sia-sia (tdk bermakna) di sisi Allah.

Setelah Tausiyah, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan doa penutup, para ASN Diskominfo Pati antusias mengikuti kegiatan tersebut dan berharap dengan kegiatan tersebut bisa menambah pemahaman ilmu agama dan keimanan ketakwaan di Bulan Ramadhan.