KEMENKOMINFO SOSIALISASIKAN SIMANTRA

Kamis, 22 Mar 2018 | 08:51:08 WIB - Oleh Administrator


Ini sebuah aplikasi yang dikembangkan Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan informatika) pada tahun 2011. Disosialisasikan di Diskominfo Kab. Pati Rabu 21 Maret 2018 di Ruang Aula Diskominfo Kab. Pati. Acara tersebut dihadiri 13 Staf teknis bidang IT dari BKPP, BPKAD, BAPPEDA, DINKES, DISDIK, DISDUKCAPIL, BPBD, DPMPTSP, DINSOS,DISPERMADES, RSUD SOEWONDO, RSUD KAYEN DAN KABAG PBJ/ULP. Ke 13 Instansi ini mewakili Instansi yang telah memiliki aplikasi dan data yang siap untuk diintegrasikan.

Secara umum dari Kemkominfo menjelaskan, Aplikasi MANTRA bermanfaat untuk menjembatani pertukaran data antar instansi pemerintah meskipun berbeda Database, Aplikasi maupun Sistem Operasinya. Aplikasi MANTRA dapat difungsikan sebagai GSB (Government Service Bus) dan Web-API (Application Programming Interface).

GSB merupakan suatu sistem yang mengelola integrasi informasi dan pertukaran data antar instansi pemerintah. GSB mampu mensinergikan informasi dari beberapa Web-API (Application Programming Interface). Web-API dapat dipandang sebagai media Interoperabilitas Sistem Informasi.

Berbagai sistem informasi dengan bentuk, struktur, database, dan akses layanan data yang berbeda dapat dijembatani melalui SiMantra. Dijelaskan pula bahwa SiMantra juga sudah diterapkan di beberapa Kabupaten dan departemen di Indonesia.

Integrasi sistem dan pertukaran layanan data ini sangat diperlukan mengingat selama ini banyak instansi yang membutuhkan basisdata dan informasi yang dapat digunakan bersama misal basisdata  kependudukan yang digunakan untuk mengupdate data kemiskinan, data kesehatan atau data pendidikan. Kedepan diharapkan dengan adanya aplikasi MANTRA ini masing-masing instansi dapat bertukar data terupdate dengan aman.